Senin, 04 Juni 2012

Pendidikan Agama Kristen Yang Majemuk

            PENDIDIKAN DALAM WAKTU

       Pendidikan Agama Kristen dikenal sejak lama, sehingga orang harus memahami dasar-dasar dari dunia pendidikan. Pendidikan sama tuanya dengan kesadaran manusia.  Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak filsuf dan para pemikir sejarah yang terkemuka telah memberikan waktu dan perhatian mereka terhadap pendidikan.  Namun, sama seperti semua pertanyaan dan usaha besar manusia, pendidikan ternyata belum berhasil menemukan sebuah definisi atau deskripsi yang diterima secara umum. Proses pendidikan berlangsung sepanjang hidup, sejak lahir hingga meninggal dunia.  
            Sebuah pendidikan jika ditinjau dari tahap perkembangannya dapat dibedakan menjadi lima tahap:
1.   Pendidikan balita, yaitu pendidikan yang terdiri atas kegiatan-kegiatan melindungi  dan mengasuh anak sejak lahir sampai dengan kurang lebih berusia dua tahun, sehingga tumbuh sehat.
2. Pendidikan kanak-kanak, yaitu pendidikan yang terdiri atas kegiatan-kegiatan mengembangkan kebiasaan berbahasa, berpikir, mengenali diri dan lingkungan sekelilingnya, pada anak berusia kurang lebih dua sampai dengan enam tahun.
3.    Pendidikan anak sekolah, yaitu pendidikan yang terdiri atas kegiatan-kegiatan memperluas dan meningkatkan kemampuan intelektual, pengenalan kehidupan, lingkungan sosial dan kepercayaan diri pada anak berusia kurang lebih enam tahun sampai dua belas tahun.
4.  Pendidikan remaja yaitu pendidikan yang terdiri atas kegiatan-kegiatan memperkokoh kepribadian anak berusia kurang lebih tiga belas tahun sampai dengan dipandang dewasa (22 tahun), sehingga mampu mandiri secara fisik, intelektual, sosial dan emosional.
5.  Pendidikan orang dewasa yaitu pendekatan yang terdiri atas kegiatan-kegiatan menambah, menyempurnakan dan memperluas kemampuan orang dewasa agar dapat melaksanakan dan menikmati tugas hidupnya secara lebih lengkap. (Sumber buku: Filsafat Ilmu Pendidikan, oleh: Redja Mudyaharjo, penerbit: Bandung, PT Remaja Rosdakarya, tahun 2010 halaman 71-72).
          Dengan adanya kemajuan teknologi dan perkembangan dalam dunia pendidikan, kita harus mampu mengembangkan pendidikan kearah yang lebih baik.  Kita memerlukan waktu yang panjang dan sikap yang mau berkorban dalam mengabdikan diri demi tercapainya sebuah harapan yang lebih baik dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan suatu unsur yang penting untuk dipikirkan dan dilaksanakan oleh suatu Negara, karena melalui pendidikan akan menolong kesejahteraan suatu bangsa.  Upaya pemerintah bangsa Indonesia yang sangat gencarnya membenah sistem dan unsur pendidikan yang ada di Indonesia ini membuktikan bahwa pendidikan perlu diperhatikan dan dijalankan dengan baik demi tercapainya sebuah tujuan membangun manusia seutuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar